PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, DAN MATURITY TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI (Studi Pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016)

MONICA , NAKILA (2018) PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, DAN MATURITY TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI (Studi Pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img] File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Likuiditas, Leverage, Pertumbuhan Perusahaan, dan Maturity terhadap peringkat obligasi perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel terdiri dari 21 perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan diperingkat oleh PT. PEFINDO tahun 2013-2016. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi model probit. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu menggunakan data laporan keuangan tahunan periode 2013-2016 untuk tiap variabel penelitian. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel likuiditas yang diproksikan dengan current ratio dan variabel leverage yang diproksikan dengan debt to equity ratio, dan variabel pertumbuhan perusahaan yang diproksikan dengan market to book value memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peringkat obligasi. Sedangkan variabel maturity atau umur obligasi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap peringkat obligasi. Secara simultan variabel likuiditas, leverage, pertumbuhan perusahaan dan maturity berpengaruh signifikan terhadap peringkat obligasi. Kata Kunci: Leverage, Likuiditas, Maturity, Peringkat Obligasi dan Pertumbuhan Perusahaan ABSTRACT This study aims to determine the effect of liquidity, leverage, growth and maturity on bond ratings. This study uses quantitative approach and takes samples by using purposive sampling technique. The sample consist of 21 non-financial firms are listed in Indonesian Stock Exchange and rated by PT.PEFINDO from 2013- 2016. The method of analysis used probit regression analysis. The type of data used in this study was secondary data from annual financial statements in 2013- 2016 for each variables. The result of this study shows that liquidity proxied by current ratio, leverage proxied by debt to equity ratio and growth proxied by market to book value have significant effect on bond ratings. While maturity has no significant effect on bond ratings. Simultaneously, variable of liquidity, leverage, growth and maturity have significant effect on bond ratings. Key Words: Bond Ratings, Growth, Leverage, Liquidity and Maturity.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Bisnis
Pengguna Deposit: 188284652 . Digilib
Date Deposited: 28 Aug 2023 06:50
Terakhir diubah: 28 Aug 2023 06:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33620

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir