PEMBELAJARAN TARI BEDANA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SD AR RAUDAH BANDAR LAMPUNG

PUTRI STEPHANIE, 1413043036 (2018) PEMBELAJARAN TARI BEDANA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SD AR RAUDAH BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img] FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (24Kb)
[img] FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (770Kb)
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1047Kb)

Abstrak

Metode demonstrasi merupakan salah satu metode pembelajaran yang memperagakan kejadian, aturan, atau urutan suatu kegiatan, baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang disajikan. Penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran tari juga membantu dan memudahkan siswa untuk mengetahui gerak-gerak tari karena guru secara langsung memperagakan gerak-gerak tari kepada siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah proses pembelajaran tari bedana menggunakan metode demonstrasi pada kegiatan ekstrakurikuler di SD Ar Raudah Bandar Lampung?” Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pembelajaran gerak tari bedana menggunakan metode demonstrasi di SD Ar Raudah Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode demonstrasi. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah behavioristik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran tari bedana. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan 10 siswa di esktrakurikuler. Teknik pengumpulan data menggunakan : observasi, wawancara, dokumentasi dan lembar pengamatan tes praktik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data, dan vertifikasi data. Proses pembelajaran tari bedana menggunakan metode demonstrasi dilakukan selama 6 pertemuan. Didalam demonstrasi tahapan yang dilakukan yaitu merumuskan tujuan yang harus dicapai, mempersiapkan garis besar langkah-langkah bahan ajar, mengatur tempat duduk atau barisan, mendemonstrasikan kegiatan yang merangsang siswa untuk berpikir, evaluasi ragam gerak, pemberian motivasi kepada peserta didik. Hasil pembelajaran menggunakan metode demonstrasi pada tari bedana memiliki kategori baik dan penggunaan metode demonstrasi sudah terlaksanakan dengan baik dikarenakan 70% peserta didik yang telah diajarkan dapat menyerap materi. Kata kunci : metode demonstrasi, pembelajaran, tari bedana. ABSTRACT Formulation of the problem in this research was how the learning process of bedana dance learning using demontrative method in extracurricular activities at SD Ar Raudah Bandar Lampung. This study aims to describe was the learning process of bedana dance learning using demontrative method in extracurricular at SD Ar Raudah Bandar Lampung. This study design was using qualitative descriptive research. Data collection technique in this research was using observation, interview, and documentation. Descriptive qualitative data obtained from the quality of the student movement as seen from the learning process and observations of student learning activities and the activities of teachers in theaching bedana dance using demonstrative method. Source of data in this study were 10 student who participated in extracurricular and extracurricular teacher. Teachers was implemented a demonstrative method on any learning process, but the teachers was also used other methods, namely a lecture and drill methods that support learning dance used demontrative method. Based on the analysis of learning process and the student learning activities, it can be seen demonstrating the ability of the students in the bedana dance in extracurricular activities at SD Ar Raudah Bandar Lampung classified in both criteria with the capability of increasing student movement. In this research, teachers was use more than one method in the learning process. Key words: learning, demonstrative method, bedana dance.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 188340907 . Digilib
Date Deposited: 11 Oct 2018 09:10
Terakhir diubah: 11 Oct 2018 09:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33638

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir