PENGEMBANGAN BUKU PENUNTUN PRAKTIKUM SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA DENGAN MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) UNTUK SISWA SMP/MTsKELAS VIII DI KOTA BANDAR LAMPUNG

SELVINA ANNIS FAJRIANI, 1313024082 (2018) PENGEMBANGAN BUKU PENUNTUN PRAKTIKUM SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA DENGAN MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) UNTUK SISWA SMP/MTsKELAS VIII DI KOTA BANDAR LAMPUNG. FKIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img] Text
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3112Kb)
[img]
Preview
Text
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3107Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PENGEMBANGAN BUKU PENUNTUN PRAKTIKUM SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA DENGAN MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) UNTUK SISWA SMP/MTsKELAS VIII DI KOTA BANDAR LAMPUNG Oleh SELVINA ANNIS FAJRIANI Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku penuntun sistem pencernaan pada manusia dengan model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) untuk siswa SMP/MTs Kelas VIII di Kota Bandar Lampung. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R dan D) dengan menggunakan model 4-D dari Thiagarajan,dkk. Tahapan yang dilakukan define, design, sampai pada tahap develop. Hasil uji optimasi menunjukkan bahwa kondisi alat, bahan, dan langkah kerja telah dioptimalkan sesuai dengan lama waktu pada jam mata pelajaran IPA. Hasil penilaian argumentasi yang dibuat oleh siswa mendapat kriteria “terdiri dari klaim, data, dan penjamin” (skor 3) dan kriteria “terdiri dari klaim, data, penjamin, dan pendukung” (skor 4). Hasil validasi buku penuntun oleh validator ahli mendapatkan kategori “sangat baik” (90.5%) dan uji validasi praktisi mendapatkan kategori “sangat baik” (88%). Respon siswa terhadap buku penuntun mendapat kategori “sangat baik” (90%). Hasil uji keterlaksanaan menunjukkan kriteria “hampir seluruh kegiatan terlaksana” (84.66%). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa buku penuntun praktikum sistem pencernaan pada manusia dengan model pembelajaran ADI yang dikembangkan valid yang ditunjukkan dari hasil uji validasi, serta praktis digunakan yang ditunjukkan dari hasil uji keterbacaan dan uji keterlaksanaan kegiatan praktikum. Kata kunci: Argument-Drivent Inquiry (ADI), buku penuntun praktikum, sistem pencernaan pada manusia, pengembangan

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: 188954464 . Digilib
Date Deposited: 12 Oct 2018 02:17
Last Modified: 12 Oct 2018 02:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33647

Actions (login required)

View Item View Item