PEMBELAJARAN GERAK TARI MULI SIGER MENGGUNAKAN METODE DRILL DAN MEDIA AUDIO VISUAL DI SMK NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

MERLY VIOLITA, 1213043029 (2018) PEMBELAJARAN GERAK TARI MULI SIGER MENGGUNAKAN METODE DRILL DAN MEDIA AUDIO VISUAL DI SMK NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img] File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (18Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1388Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1389Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah proses pembelajaran tari muli siger menggunakan metode drill dan media audio visual pada kegiatan ekstrakurikuler di SMK Negeri 2 Bandar Lampung?” Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses dan hasil pembelajaran gerak tari muli siger menggunakan metode drill dan media audio visual di SMK Negeri 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode drill. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah kontruktivisme. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif untuk mengetahui bagaimana proses dan hasil pembelajaran tari muli siger. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan 8 siswa di esktrakurikuler. Teknik pengumpulan data menggunakan : observasi, wawancara, dokumentasi dan tes praktik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data, dan vertifikasi data. Proses pembelajaran tari muli siger menggunakan metode drill dan media audio visual dilakukan selama 7 pertemuan. Didalam drill tahapan yang dilakukan yaitu merumuskan tujuan yang harus dicapai, mempersiapkan garis besar langkah-langkah bahan ajar, menonton video ragam gerak dan mengikuti gerakan secara perlahan, mengatur tempat duduk atau barisan, evaluasi ragam gerak, pemberian motivasi kepada peserta didik. Didalam media audio visual tahapan yang dilakukan yaitu peserta didik memperhatikan video tari muli siger kemudian peserta didik memeragakan ragam gerak tersebut secara individu Hasil pembelajaran menggunakan metode drill dan media audio visual pada tari muli siger memiliki kategori baik dikarenakan 70% peserta didik yang telah diajarkan dapat menyerap materi. Kata Kunci : Audio Visual, Ekstrakurikuler, Metode Drill, Tari Muli siger ABSTRACT The formulation of the problem in this study is "How does the learning process of muli siger dance use drill method and audio visual media in extracurricular activities at SMK Negeri 2 Bandar Lampung?" visual at SMK Negeri 2 Bandar Lampung. This research uses drill method. The theory used in the study is constructivism. This research uses descriptive qualitative research to find out how the process and the results of learning muli siger dance. Data sources in this study were teachers and 8 students on the curricular. Data collection techniques use: observation, interviews, documentation and practice tests. Data analysis used in this study is data reduction, data display, and data vertification. The learning process of muli siger dance uses drill method and audio visual media is conducted for 7 meetings. Inside the drill the steps taken are formulating the objectives to be achieved, preparing an outline of the steps of instructional materials, watching a variety of motion videos and following the movements slowly, arranging seats or rows, evaluating various movements, giving motivation to students. In audio visual media, the stages are carried out, namely students pay attention to the video of muli siger dance and students demonstrate the variety of motion individually. The learning outcomes using drill method and audio visual media on muli siger dance are in good category because 70% of the students taught can absorb material. Keywords: Audio Visual , Drill Method, Extracurricular, Muli siger Dance

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> Karya Karya Umum = 000
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 188584970 . Digilib
Date Deposited: 16 Mar 2022 02:06
Terakhir diubah: 16 Mar 2022 02:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33659

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir