AZKA FALAIH RIZQIYANA, 1623053010 (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK UNTUK MENUMBUHKAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 NUNGGALREJO. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (86Kb) |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (7Mb) |
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (7Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan mengembangkan bahan ajar LKPD berbasis pendekatan konstruktivistik untuk menumbuhkan berpikir kritis siswa, menganalisis kemenarikan, dan efektivitas LKPD. Penelitian dan pengembangan (R&D) merujuk pada teori Borg and Gall. Subjek penelitian meliputi ahli materi, ahli media, ahli bahasa, guru, dan peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Nunggalrejo. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk mengukur hasil belajar yang mengacu pada kemampuan berpikir kritis siswa serta angket untuk mengukur respon kemenarikan LKPD. Produk akhir penelitian ini berupa LKPD yang telah divalidasi oleh ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan berdasarkan hasil analisis kebutuhan peserta didik dan dapat digunakan pada kurikulum 2013, layak untuk digunakan berdasarkan hasil ujicoba, menarik bagi peserta didik dilihat dari responpeserta didik yang positif, dan efektif untuk pembelajaran dilihat dari peningkatan hasil belajar yang mengacu pada kemampuan berpikir kritis. Kata Kunci: Lembar kegiatan peserta didik (LKPD), pendekatan konstruktivistik, berpikir kritis. ABSTRACT This research and development study aims to develop teaching materials worksheet based on contructivism approach to cultivate critical thinking, to analyze the attractiveness, and effectiveness of worksheet. This study is a Research and Development (R&D) refer to theory Borg dan Gall. The subject of this research is the expert validated by subject matter experts, media specialists, linguist, teacher, and students in fourth grade public 1 Nunggalrejo. The instrument used was test to measure learning outcomes critical thinking skills and questionnaire to measure responsiveness. The end product of this research is worksheet that have been validated by subject matter experts, media specialists, linguist, and classroom teacher. This result of this study indicate that worksheet that developed on the analyze of students needs and can be used on a 2013 curriculum, worksheet is attractive to students on response of students positive, and worksheet effective forlearning have seen improved student learning outcomes before use and after use worksheet. Keywords: worksheet, constructivism approach, critical thinking
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD |
Pengguna Deposit: | 188669923 . Digilib |
Date Deposited: | 12 Oct 2018 06:47 |
Terakhir diubah: | 16 Mar 2022 02:20 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33668 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |