STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN TIPE STAD ( STUDET TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP N 1 MERBAU MATARAMTAHUN AJARAN 2017/2018

SITI MAHARANI , 1413031059 (2018) STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN TIPE STAD ( STUDET TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP N 1 MERBAU MATARAMTAHUN AJARAN 2017/2018. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img] File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (20Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3421Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3422Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP N 1 Merbau Mataram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe PBL (Problem Based Learning) Dan Tipe STAD ( Studet Team Achievement Division) dengan memperhatikan minat belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi penelitian ini ialah seluruh kelas VIII SMP N 1 Merbau Mataram Tahun Ajaran 2017/2018 dengan jumlah sampel siswa 59 siswa yang ditentukan dengan teknik cluser random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalur dan t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukan (1) ada perbedaan yang signifikan kemampuan berfikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran IPS Terpadu. (2) kemampuan berfikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa yang memiliki minat belajar tinggi pada mata pelajaran IPS Terpadu. (3) kemampuan berfikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) lebih tinggi dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Problem Based Learning (PBL) pada siswa yang memiliki minat belajar rendah pada mata pelajaran IPS Terpadu. (4) ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. Kata Kunci :Kemampuan Berfikir Kritis Siswa, Problem Based Learning, Student Team Achievement Division, Minat Belajar Siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > H Social Sciences (General)
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 188262360 . Digilib
Date Deposited: 16 Oct 2018 03:53
Terakhir diubah: 16 Oct 2018 03:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33674

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir