PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN TRANSAKSIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA Studi Pada Karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia (WITEL LAMPUNG)

RIO ALAMANDA, 1421011029 (2018) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN TRANSAKSIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA Studi Pada Karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia (WITEL LAMPUNG). Masters thesis, Universitas Lampung.

[img] File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb)
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (836Kb)
[img] File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (699Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah sumber daya manusia masih menjadi sorotan dan tumpuan bagi organisasi atau perusahaan untuk tetap dapat bertahan di era globalisasi. Dari hasil pengamatan terlihat bahwa kepemimpinan pemimpin PT. Telekomunikasi Indonesia Witel Lampung memiliki kedua unsur transformasional dan transaksional. Sikap kepemimpinan transformasional yang terdapat didalam diri pemimpin, yaitu pemimpin yang menunjukkan perhatiannya kepada seluruh karyawan, pemimpin mengevaluasi potensi masing-masing bawahan, tidak ada pembedaan perlakuan untuk divisi yang berbeda dan dapat merangkul seluruh keseluruhan karyawan dalam perusahaan. Sikap kepemimpinan transaksional yang terdapat dalam pemimpin PT. Telekomunikasi Indonesia Witel Lampung yaitu pemimpin yang memiliki sifat ambisius namun tidak berupaya mengembangkan tanggung jawab dan wewenang bawahan demi kemajuan karyawan. Responden dalam penelitian ini sebanyak 124 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan alat analisis regresi menggunakan SPSS Versi 17.0. hasil uji menunjukkan bahwa seluruh hipotesis terdukung. Kepemimpinan transformasional dan kepemimpinan transaksional berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan. Perilaku pemimpin dalam menstimulasi intelektual karyawan memiliki pengaruh yang paling baik untuk indikator kepemimpinan transformasional. Pemimpin tidak membuat harapan yang jelas bagi karyawannya, maka sebaiknya tindakan reaktif seperti bertindak sebelum timbul masalah besar untuk indikator kepemimpinan transaksional. Pemimpin PT. Telekomunikasi Indonesia Witel Lampung sebaiknya lebih dominan terhadap gaya kepemimpinan transformasional yang mana lebih menitik beratkan pada peningkatan kemampuan bawahannya serta memberikan kesempatan kepada bawahannya agar dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan menetapkan metodenya sendiri. Kata Kunci : kepemimpinan, kepemimpinan transformasional, kepemimpinan transaksional, kepuasan kerja ABSTRACT Human resource issues are still the focus and focus for organizations or companies to survive in the globalization era. From the observation, it can be seen that leadership of PT. Telekomunikasi Indonesia Witel Lampung has both Transformational and Transformational elements. The transformational leadership attitudes that exist within the leader, the leader who shows his attention to all employees, the leader evaluates the potential of each subordinate, there is no differentiation of treatment for different divisions and can embrace the whole employees in the company. Transactional leadership attitudes contained in the leadership of PT. Telekomunikasi Indonesia Witel Lampung is a leader who has an ambitious nature but does not attempt to develop the responsibility and authority of subordinates for the advancement of employees. Respondents in this study were 124 people. Methods of data collection using questionnaires with regression analisys tool using SPSS Version 17.0 analysis tool. test results show that all hypotheses are supported. Transformational and transformational leadership affect the employee's satisfaction. Leaders' behavior in stimulating employee intellectuals has the best effect on transformational leadership indicators. Leaders do not make clear expectations for their employees, it is best to react like acting before there is a big problem for transactional leadership indicators. Leader of PT. Telekomunikasi Indonesia Witel Lampung should be more dominant to the transformational leadership style which is more focused on improving the ability of subordinates and provide opportunities to subordinates in order to complete the work by setting his own method. Keywords: leadership, transformational leadership, transactional leadership, job satisfaction

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > Psikologi (General)
> > Psikologi (General)

> HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
> HE Transportation and Communications
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen S2
Pengguna Deposit: 201844267 . Digilib
Date Deposited: 15 Oct 2018 04:07
Terakhir diubah: 15 Oct 2018 04:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33684

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir