PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA PADA SURAT DINAS DI KANTOR KPU (KOMISI PEMILIHAN UMUM) KABUPATEN WAY KANAN PERIODE OKTOBER - DESEMBER 2017 DAN IMPLIKASI TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

DIANITA RIZKA OKTARI , 1413041020 (2018) PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA PADA SURAT DINAS DI KANTOR KPU (KOMISI PEMILIHAN UMUM) KABUPATEN WAY KANAN PERIODE OKTOBER - DESEMBER 2017 DAN IMPLIKASI TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img] File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1038Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1039Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan dalam penelitian ini adalah penggunaan bahasa pada surat dinas di Kantor KPU Way Kanan periode Oktober - Desember 2017 dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penggunaan bahasa pada surat dinas di Kantor KPU Way Kanan periode Oktober - Desember 2017 dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ialah surat dinas di Kantor KPU Way Kanan periode Oktober - Desember 2017. Data penelitian berupa penggunaan bahasa pada surat dinas di Kantor KPU Way Kanan periode Desember 2017. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teks dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan bahasa Indonesia pada surat dinas di Kantor KPU Way Kanan periode Oktober - Desember 2017 cenderung atau dominan tidak tepat. Pada penelitian ditemukan ketidaktepatan dan ketepatan penggunaan ejaan, pilihan kata, dan kefektifan kalimat. Pada penggunaan ejaanketidaktepatan banyak ditemukan penulis huruf kapital, singkatan dan akronim, huruf miring, huruf tebal, kata depan, angka dan bilangan, tanda titik, tanda koma, tanda hubung, dan tanda garis miring, sedangkan ketepatan singkatan, huruf kapital, dan garis miring. Pada penggunaan pilihan kata ketidaktepatan banyak ditemukan pada kata tidak baku dan tidak cermat, sedangkan ketepatan pada kata cermat. Penggunaan kalimat efektif banyak ditemukan pada tidak sepadan, tidak hemat, tidak cermat, dan tidak logis. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran SMP dengan KD 3.12 menelaah unsur - unsur dan kebahasaan pada surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar dan KD 4.12 menulis surat (pribadi dan dinas) untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan, dan isi. Kata kunci : surat dinas, pembelajaran, penggunaan bahasa Indonesia.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HB Economic Theory
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 188352828 . Digilib
Date Deposited: 15 Oct 2018 06:32
Terakhir diubah: 15 Oct 2018 06:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33717

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir