PENGARUH SISTEM OLAH TANAH DAN PEMUPUKAN N JANGKA PANJANGTERHADAP RESPIRASI TANAH PADA PERTANAMAN KEDELAI(Glycine max L.) DI LAHAN POLITEKNIK NEGERI LAMPUNGTAHUN KE-29

Dwi Anggraini Putri, 1114121067 (2018) PENGARUH SISTEM OLAH TANAH DAN PEMUPUKAN N JANGKA PANJANGTERHADAP RESPIRASI TANAH PADA PERTANAMAN KEDELAI(Glycine max L.) DI LAHAN POLITEKNIK NEGERI LAMPUNGTAHUN KE-29. fakultas pertanian, universitas lampung.

[img] File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (943Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (943Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Respirasi tanah merupakan indikator penting pada suatu ekosistem, meliputi seluruh aktivitas mikroorganisme yang berkenan dengan proses metabolisme di dalam tanah, dekomposisi bahan organik dalam tanah, dan konversi bahan organik tanah menjadi CO2.Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh sistem olah tanah terhadap respirasi tanah, mempelajari pengaruh pemupukan N terhadap respirasi tanah, mempelajari interaksi Sistem Olah Tanah pemupukan N terhadap respirasi tanah.Penelitian ini dirancang menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dengan 4 ulangan. Faktor pertama adalah sistem olah tanah (T) yaitu T0= Tanpa Olah Tanah dan T1= Olah Tanah Intensif, faktor kedua adalah pemupukan nitrogen jangka panjang (N) yaitu N0= 0 kg N/ha dan N1= 50 kg N/ha.Data ini dianalisis menggunakan anara dilanjutkan uji BNT taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respirasi tanah pada olah tanah intensif lebih tinggi dibandingkan tanpa olah tanah pada pengamatan H+6, H+18,H+54dan H+72 namun, tidak pada pengamatan H+2 dan H+4, respirasi tanah pada pemupukan N lebih tinggi dibandingkan tanpa pemupukan N, tidak terjadi interaksi antara sistem olah tanah dan pemupukan N dalam meningkatkan respirasi tanah. Kata Kunci : Pemupukan nitrogen, Respirasi tanah, Sistem olah tanah, Tanaman kedelai.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Budidaya tanaman
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: 188743434 . Digilib
Date Deposited: 18 Oct 2018 08:53
Terakhir diubah: 18 Oct 2018 08:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33782

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir