FAKTOR-FAKTOR PENENTU KEPUTUSAN PETANI DALAM POLA TANAM, PENDAPATAN, DAN PEMASARAN USAHATANI TOMAT DI KABUPATEN TANGGAMUS FACTORS FOR DETERMINING FARMERS DECISION IN PLANT, REVENUE, AND MARKETING OF TOMATO FARMING PRODUCTS IN TANGGAMUS DISTRICT

TRI ARIYANTI, 1224021013 (2018) FAKTOR-FAKTOR PENENTU KEPUTUSAN PETANI DALAM POLA TANAM, PENDAPATAN, DAN PEMASARAN USAHATANI TOMAT DI KABUPATEN TANGGAMUS FACTORS FOR DETERMINING FARMERS DECISION IN PLANT, REVENUE, AND MARKETING OF TOMATO FARMING PRODUCTS IN TANGGAMUS DISTRICT. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img] File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (34Kb)
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1888Kb)
[img] File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1889Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan petani dalam melakukan tumpangsari tomat dengan sawi di Kabupaten Tanggamus, (2) membandingkan tingkat pendapatan usahatani tomat secara monokuktur dan tumpangsari dengan sawi di Kabupaten Tanggamus, (3) mengalisis sistem pemasaran tomat di Kabupaten Tanggamus. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Tanggamus. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive). Responden penelitian ini terdiri dari petani monokultur di Kecamatan Sumberejo tepatnya Desa Wonoharjo dengan responden petani 21 orang dan Desa Simpang Kanan dengan responden petani 28 orang, sedangkan untuk petani tumpangsari tomat dengan sawi di Kecamatan Gisting tepatnya di Desa Gisting Atas dengan responden petani 20 orang dan Desa Gisting Permai dengan respinden petani 30 orang. Jumlah petani tomat di daerah penelitian diambil pada musim tanam yang sama yaitu musim gadu berjumlah 99 orang petani responden. Metode yang digunakan untuk sampel pemasaran mengunakan metode snowball sampling. Responden pedagang terdiri dari pedagang pengumpul 14 orang, pedagang pengecer lokal 10 orang, pedagang besar 4 orang, dan pedagang pengecer 41 orang. Metode analisis data yang digunakan untuk menganalisis : (1) menggunakan analisis logit untuk faktor yang mempengaruhi keputusan petani, (2) menggunakan analisis pendapatan, R/C ratio dan uji beda t, (3) menggunakan analisis margin pemasaran, korelasi harga dan elastisitas transmisi harga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan petani dalam melakukan usahatani tomat tumpangsari dengan sawi adalah umur, pendidikan, luas lahan, dan pendapatan, (2) usahatani tomat secara tumpangsari dengan sawi di Kabupaten Tanggamus menguntungkan untuk diusahakan, (3) sistem pemasaran tomat di Kabupaten Tanggamus belum efisien.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
> Budidaya tanaman
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Magister Agribisnis
Pengguna Deposit: 188844600 . Digilib
Date Deposited: 18 Oct 2018 09:19
Terakhir diubah: 18 Oct 2018 09:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33784

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir