PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA 5 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 TALANGPADANG TAHUN AJARAN 2017/2018

LARGO FITSON, 1113033033 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA 5 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 TALANGPADANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img] FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (108Kb)
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3106Kb)
[img] FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1850Kb)

Abstrak

Perkembangan dunia tidak bisa terlepas dari pendidikan, dengan pendidikan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, pendidikan juga merupakan hal yang sangat penting dalam membentuk kepribadian manusia. Proses pembentukan kepribadian manusia sendiri berjalan seumur hidup yakni dari lahir hingga mati. Proses pembentukan kepribadian manusia tersebut dapat diperoleh melalui jalur pendidikan formal, informal, dan non formal. Proses pembelajaran di kelas biasanya berkaitan dengan cara atau metode pembelajarannya. Dalam proses belajar-mengajar guru akan menghadapi berbagai macam siswa yang mempunyai karakteristik yang berbeda-beda sehingga guru tidak akan lepas dengan masalah hasil belajar. Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Talang Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Talang Padang melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif teknik Kancing Gemerincing. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa yaitu sebelum diterapkannya Model Pembelajaran Kooperatif tekning Kancing Gemerincing hanya 43,33% siswa yang tuntas dan berada pada kategori “rendah” setelah dilakukannya penerapan model pembelajaran Kooperatif teknik Kanicng Gemerincing terjadi peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 55,55% dan berada pada kategori “sedang” dengan nilai rata-rata 72,36 dan pada siklus II sebesar 86,11% dan berada pada kategori “sangat tinggi” dengan nilai rata-rata 78,05. Kesimpulannya terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Talang Padang.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 188957385 . Digilib
Date Deposited: 18 Oct 2018 07:29
Terakhir diubah: 18 Oct 2018 07:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33785

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir