RESPONSIVITAS PELAYANAN PENGELOLAAN PERSAMPAHAN DI DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA BANDARLAMPUNG

TRIAZ RIZMAULIA , 1416041101 (2018) RESPONSIVITAS PELAYANAN PENGELOLAAN PERSAMPAHAN DI DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA BANDARLAMPUNG. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img] FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (218Kb)
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3655Kb)
[img] FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2530Kb)

Abstrak

Permasalahan sampah tidak pernah berhenti disekitar lingkungan hidup sebagai dampak dari pembangunan menuntut perhatiaan secara khusus dari pemerintah. Untuk menghadapi tatangan tersebut Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandarlampung dituntut untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dengan adanya pemenuhan keinginan dan kebutuhan masyarakat karena kurangnya responsivitas pelayanan dalam daya tanggap pemerintah untuk menangani keluhan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penyebab rendahnya responsivitas pelayanan pengelolaan persampahan di dinas lingkungan hidup Kota Bandarlampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responsivitas dalam pelayanan pengelolaan persampahan yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandarlampung dinilai sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dalam merespon setiap keluhan pelanggan, ketepatan melayani dan kecermatan melayani yang sudah terpenuhi dengan baik. Namun masih perlu ditingkatkan pelayanannya seperti kecepatan melayani, ketepatan waktu melayani dan kemampuan menanggapi keluhan yang dinilai masih belum baik secara keseluruhan. Oleh Karena itu Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandarlampung perlu meningkatkan lagi pelayanan pengelolaan sampah di Kota Bandarlampung. Kata Kunci: Responsivitas, Pelayanan Publik, Pelayanan SampahTHE RESPONSIVENESS OF WASTE SERVICE MANAGEMENT IN ENVIRONMENTAL OFFFICE OF BANDARLAMPUNG CITY By Triaz Rizmaulia The problem of the waste was in line with the environmental problem due to the development impact which required certain treatment from the government. In order to overcome this condition, the Environmental Office of Bandarlampung City was expected to provide better service in terms of community willingness and needs support since the lack of service responsiveness of the government especially in dealing with the complaints occured. The objective of this research was to analyze the causes of low responsiveness of waste service management in Environmental Office of Bandarlampung City. This research applied descriptive research with qualitative approach. The result of this research showed that the responsiveness of waste service management in Environmental Office of Bandarlampung City was rated good. These were confirmed from the service provided to the community in terms of respons given to each of the customer complaints, the service accuracy, the serving acuracy which had been fulfilled well. However, there were several things that need to be improved namely the service accuracy, the serving acuracy and the ability to respond to complaints in overall concept. Therefore, the Environmental Office needs to improve the waste service management in Bandarlampung City. Keywords : Responsiveness, Public Service, Waste Service

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> JC Political theory
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara
Pengguna Deposit: 188720740 . Digilib
Date Deposited: 18 Oct 2018 08:28
Terakhir diubah: 18 Oct 2018 08:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33794

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir