Arsyad, Arnawita (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KAMPUNG KOTAAGUNG KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Caver Dalam.pdf - Published Version Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
|
Image
Hal Persetujuan.jpg - Published Version Download (480Kb) | Preview |
|
|
Image
Hal Pernyataan.jpg - Published Version Download (467Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (159Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (99Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (236Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (717Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
Archive
3. Lampiran.zip - Published Version Download (4Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 1 Kampung Kota Agung Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran 2012/2013 masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui pendekatan kontenkstual pada siswa kelas IV SDN 1 Kampung Kota Agung Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran 2012/2013. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Kampung Kota Agung semester genap tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 24 siswa terdiri 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa aktivitas kinerja guru serta aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas kinerja guru diperoleh saat peneliti melaksanakan pembelajaran pada setiap siklus, aktivitas dan hasil belajar siswa diperoleh berdasarkan hasil tes serta ketuntasan belajar pada masing-masing siklus. Instrumen yang digunakan yaitu lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa dan LKS. Hasil penelitian diketahui bahwa ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui pendekatan Kontekstual pada materi mengenal pecahan senilai dapat dilaksanakan dengan baik sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil penerapan pembelajaran Kontekstual. Persentase aktivitas belajar siswa siklus I rata-rata 66,67% meningkat menjadi 87,5% pada siklus II. Nilai hasil belajar siswa rata-rata siklus I 55,42 dengan ketuntasan belajar sebesar 37,5 %, meningkat 82,50 pada siklus II dengan ketuntasan belajar 91,67 %. Hasil penelitian menunjukkan ada perubahan aktivitas belajar siswa siklus I dan siklus II naik sebesar 20,83 % dan hasil belajar siklus I ke siklus II naik sebesar 27,08 ketuntasan hasil belajar siklus I ke siklus II naik sebesar 54,17 %. Berdasarkan data di atas diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran dengan pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Kampung Kota Agung Kabupaten Tanggamus. Kata Kunci : Aktivitas, Hasil belajar, Pendekatanan Kontekstual
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 10 Jan 2014 04:30 |
Terakhir diubah: | 10 Jan 2014 04:30 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/344 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |