Hadi Suwito , Suparno (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 TRIMULYO KECAMATAN TANJUNG BINTANG TAHUN 2012/2013. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (125Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (189Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (85Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (284Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (7Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil observasi awal di SD Negeri 2 Trimulyo kualitas aktivitas siswa rendah dan hasil belajar IPA Kelas V masih dibawah KKM. Peneletian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 2 Trimulyo dengan menggunakan media gambar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, prosedur tindakan siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan tes. Pengumpulan data digunakan instrument berupa lembar pengamatan siswa dalam proses pembelajaran, dan untuk mengetahui hasil belajar digunakan tes. Instrument penelitian yaitu lembar observasi kinerja guru dan aktivitas siswa, dokumen tes hasil belajar siswa, kemudian data-data tersebut diberi tanda berdasarkan jenis dan sumbernya. Selanjutnya peneliti melakukan interpretasi terhadap data sesuai dengan tujuan penelitian yaitu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang masih di bawah KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan media gambar dapat mengubah aktivitas dan hasil belajar siswa lebih meningkat. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas siswa yang diperoleh pada siklus I hanya 19 siswa (63%) sedangkan pada siklus II menjadi 27 siswa (90%). Demikian juga hasil belajar siswa ikut mengalami peningkatan pada siklus I hanya 19 siswa (73%) yang tuntas hasil belajarnya dengan nilai rata-rata 60, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sangat pesat menjadi 27 siswa (89%) dengan nilai ratarata 83. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran siklus II hasil siswa telah tuntas. Kata kunci: Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar, Media Gambar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 11 Jan 2014 04:14 |
Terakhir diubah: | 11 Jan 2014 04:14 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/346 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |