UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI POKOK EKOSISTEM

Puji, Yanti (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI POKOK EKOSISTEM. Other thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
CAVER LUAR.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
CAVER DALAM.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAAN.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (140Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (150Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (146Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (166Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (379Kb) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585Kb)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1075Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sukau Lampung Barat Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013) Oleh PUJI YANTI Berdasarkan hasil observasi di SMPN 1 Sukau, diketahui bahwa selama ini guru kurang memberdayakan kemampuan berpikir kritis secara optimal, khususnya pada uraian materi pokok ekosistem. Hal tersebut terlihat dalam pembelajaran, guru lebih dominan menggunakan metode ceramah dan diskusi biasa. Oleh karena itu, dibutuhkan alternatif model pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran NHT terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar oleh siswa. Desain penelitian adalah pretes-postes tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VIIB yang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji-U. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi (eksperimen = 77,60; kontrol = 49,10). Rata-rata persentase aktivitas siswa semua aspek kelas eksperimen juga menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi (eksperimen = 60,40; kontrol = 56,30). Selain itu, semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran NHT. Kata kunci:aktivitas belajar, hasil belajar, numbered head together.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum > Karya Karya Umum = 000
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: 469657 . Digilib
Date Deposited: 06 Apr 2015 04:17
Last Modified: 06 Apr 2015 04:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3565

Actions (login required)

View Item View Item