RESPONS PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI SELADA (Lactuca sativa L.) TERHADAP PERBEDAAN KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN INTERVAL WAKTU APLIKASI PUPUK ORGANIK CAIR

DIANA NOVITASARI, 1314121045 (2018) RESPONS PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI SELADA (Lactuca sativa L.) TERHADAP PERBEDAAN KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN INTERVAL WAKTU APLIKASI PUPUK ORGANIK CAIR. Fakultas Pertanian, Universitas Lampung.

[img] File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (17Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (842Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (843Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Selada (Lectuca sativa L.) merupakan jenis tanaman sayur yang mengandung serat, vitamin, dan berbagai macam manfaat bagi tubuh sehingga disukai oleh masyarakat luas. Akan tetapi tingkat produktivitas selada di Indonesia masih tergolong rendah. Rendahnya produktivitas selada dapat diperbaiki melalui penerapan sistem budidaya tanaman yang tepat, salah satunya perbaikan komposisi media tanam yang tepat dan interval waktu aplikasi pemupukan dengan POC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respons pertumbuhan dan produksi selada terhadap komposisi media tanam dan interval waktu aplikasi pupuk organik cair LOB. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Gunung Terang, Kecamatan Langkapura, Bandar Lampung, Provinsi Lampung pada Agustus–Oktober 2017. Rancangan yang digunakan adalah rancangan acak kelompok (RAK) yang disusun secara faktorial (3x4) dengan 3 ulangan. Faktor pertama adalah komposisi media tanam (m), yaitu tanah:sekam mentah:pupuk kandang dengan tiga taraf yaitu: m1:(1:1:0), m2:(2:2:1), dan m3:(4:4:1). Faktor kedua adalah interval waktu aplikasi pupuk organik cair LOB (l) dengan empat taraf yaitu: (l1): tanpa aplikasi pupuk cair (kontrol), (l2): aplikasi 7 hari sekali, (l3): aplikasi 9 hari sekali, (l4): aplikasi 11 hari sekali. Homogenitas ragam diuji dengan Uji Bartlett dan aditivitas data diuji dengan Uji Tukey. Perbedaan nilai tengah perlakuan diuji dengan Uji Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi media tanam tanah:sekam mentah:pupuk kandang kambing dengan perbandingan (2:2:1) menghasilkan bobot segar tanaman dan bobot kering tanaman terbaik selada. Perlakuan Interval waktu aplikasi POC 11 hari sekali menghasilkan bobot kering tanaman terbaik selada. Tidak terdapat respons pertumbuhan dan produksi tanaman selada terhadap interval waktu aplikasi dipengaruhi oleh komposisi media tanam. Kunci: Interval waktu aplikasi POC, komposisi media tanam, selada.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Budidaya tanaman
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: 188452036 . Digilib
Date Deposited: 22 Oct 2018 06:51
Terakhir diubah: 22 Oct 2018 06:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/36269

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir