PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK DAPAT MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDN 2 KARYA TUNGGAL KECAMATAN KETIBUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Ani Kusrini, 1013079184 (2014) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK DAPAT MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDN 2 KARYA TUNGGAL KECAMATAN KETIBUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
COVER DALAM.pdf

Download (218Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
COVER LUAR.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (500Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (482Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (253Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
MOTO.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SANWACANA.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB 1.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf

Download (144Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (261Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (38Kb) | Preview

Abstrak

Harapan yang tidak pernah sirna dan selalu jadi keinginan guru adalah, bagaimana bahan pengajaran yang disampaikan guru dapat dikuasai oleh siswa secara tuntas. Ini merupakan masalah yang cukup sulit yang dirasakan oleh guru. Hal ini disebabkan karena anak didik bukan hanya sebagai individu dengan segala keunikannya, tetapi mereka juga sebagai makhluk sosial dengan latar belakang yang berbeda baik intelektual, psikologis, dan biologis. Metode Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan siswa, kinerja guru pada proses pembelajaran, untuk mengetahui hasil belajar menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Hal ini ditunjukan data dimana pada siklus I 57,39%. Sedangkan pada siklus II 83,41%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 68,82 sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 78,23. Hasil belajar yang diperoleh pada siklus II ini sudah memenuhi indikator keberhasilan yang diharapkan. Kata Kunci: Metode Diskusi Kelompok, Aktivitas, Hasil Belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 249883 . Digilib
Date Deposited: 02 Oct 2014 03:28
Terakhir diubah: 02 Oct 2014 03:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3649

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir