Annisa Shinta Devi, 1013024025 (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP OLEH SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN CIRI MAKHLUK HIDUP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (412Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (903Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (830Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (497Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (141Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (199Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (447Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap aktivitas dan pemahaman siswa pada konsep keanekaragaman ciri makhluk hidup di SMP Wiyatama Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII C SMP Wiyatama Bandar Lampung yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa pemahaman konsep oleh siswa, diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji-u. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa dan tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran POE yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran POE berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pemahaman konsep oleh siswa. Peningkatan pemahaman konsep oleh siswa secara signifikan terjadi pada indikator aspek kognitif C4. Namun, tidak signifikan terjadi pada indikator C2 dan C3. Penggunaan model pembelajaran POE juga berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati yaitu sebesar 14%. Selain itu, sebagian besar siswa (95%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran POE. Dengan demikian, pembelajaran dengan menggunakan model POE berpengaruh signifikan dalam meningkatkan pemahaman konsep oleh siswa dan aktivitas pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup. Kata kunci : Predict Observe Explain (POE), ciri-ciri makhluk hidup, aktivitas belajar, dan pemahaman konsep.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 943622 . Digilib |
Date Deposited: | 02 Oct 2014 02:54 |
Terakhir diubah: | 02 Oct 2014 02:54 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3705 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |