Annisa Shinta Devi, 1013024025 (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP OLEH SISWA PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN CIRI MAKHLUK HIDUP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (412Kb) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (903Kb) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (830Kb) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (497Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (141Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (199Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (447Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143Kb) | Preview |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap aktivitas dan pemahaman siswa pada konsep keanekaragaman ciri makhluk hidup di SMP Wiyatama Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII C SMP Wiyatama Bandar Lampung yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa pemahaman konsep oleh siswa, diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji-u. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa dan tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran POE yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran POE berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pemahaman konsep oleh siswa. Peningkatan pemahaman konsep oleh siswa secara signifikan terjadi pada indikator aspek kognitif C4. Namun, tidak signifikan terjadi pada indikator C2 dan C3. Penggunaan model pembelajaran POE juga berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati yaitu sebesar 14%. Selain itu, sebagian besar siswa (95%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran POE. Dengan demikian, pembelajaran dengan menggunakan model POE berpengaruh signifikan dalam meningkatkan pemahaman konsep oleh siswa dan aktivitas pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup. Kata kunci : Predict Observe Explain (POE), ciri-ciri makhluk hidup, aktivitas belajar, dan pemahaman konsep.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | A General Works = Karya Karya Umum |
Program Studi: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | 943622 . Digilib |
Date Deposited: | 02 Oct 2014 02:54 |
Last Modified: | 02 Oct 2014 02:54 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3705 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |