MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PENGAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED INSTRUCTION)PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 8 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013

S. Suwignyo , LUMINTO WIDIATMOKO (2013) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PENGAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED INSTRUCTION)PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 8 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (327Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (264Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (225Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (80Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (384Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (2547Kb)

Abstrak

Permasalahan yang ada di SD Negeri 8 Metro Barat yaitu rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa sebesar 45,8%, terlihat dari siswa yang mencapai ketuntasan belajar yangmemperoleh nilai >65 baru mencapai 11 orang siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan refleksi. Instrumen analisis tingkat keberhasilan atau persentase ketuntasan belajar siswa pada setiap siklusnya berupa soal test tertulis pada setiap akhir siklus, untuk aktivitas belajar siswa berupa lembar observasi aktivitas siswa dan untuk kinerja guru berupa lembar observasi kinerja guru. Data kualitatif dianalisis dengan teknik deskriptif dengan tujuan mengetahui aktivitas siswa terhadap kegiatan pembelajaran serta kinerja guru selama pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PengajaranBerdasarkanMasalah (Problem Based Instruction)dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal inidapatdilihat dari nilai aktivitas siswa pada siklus I dengan nilai aktivitas siswa 51,85(cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 76,96 (baik).Peningkatanhasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai hasil belajar siklus I dengan nilai terendah 20, nilai rata-rata 57,50, persentase ketuntasan belajar sebesar 54, 17%, Hasil akhir siklus Iinilai terendah 25, nilai rata-rata 80,63, serta persentase ketuntasan belajar sebesar95,83% siswa.Dengan demikian maka model PengajaranBerdasarkanMasalah (Problem Based Instruction) baik untuk digunakansebagaiproses pengajaran. Kata Kunci : Aktivitas dan hasil belajar, model PengajaranBerdasarkanMasalah (Problem Based Instruction)

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 11 Jan 2014 04:18
Last Modified: 11 Jan 2014 04:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/371

Actions (login required)

View Item View Item