NILAI-NILAI SOSIAL DAN PENDIDIKAN DALAM NOVEL MAHKOTA CAHAYA UNTUK AYAH BUNDA KARYA FIFA DILA DAN PENGEMBANGANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA/MA KELAS XII

SUSILOWATI, 1623041002 (2018) NILAI-NILAI SOSIAL DAN PENDIDIKAN DALAM NOVEL MAHKOTA CAHAYA UNTUK AYAH BUNDA KARYA FIFA DILA DAN PENGEMBANGANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA/MA KELAS XII. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img] File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb)
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1726Kb)
[img] File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1535Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan nilai-nilai sosial dan pendidikan dalam novel Mahkota Cahaya untuk ayah Bunda karya Fifa Dila dan mengembangkannya sebagai bahan ajar sastra di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Data kulitatif ini terdapat pada bagian teks novel yang mengandung nilai sosial dan pendidikan. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Mahkota Cahaya untuk Ayah Bunda karya Fifa Dila. Temuan hasil penelitian mengenai nilai sosial yang berkenaan hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan dirinya sendiri, hubungan manusia dengan sesama manusia, dan hubungan manusia dengan lingkungan hidupnya. Nilai pendidikan memuat tentang; nilai keutamaan, nilai keindahan, nilai kerja, nilai cinta tanah air, nilai demokrasi, nilai kesatuan, nilai moral, dan nilai kemanusiaan. Selanjutnya hasil temuan dibahas secara komprehansif untuk diimplikasikan sebagai bahan ajar (Lambar Kerja Peserta Didik) untuk sekolah menengah atas. Kata Kunci: nilai sosial, nilai pendidikan, novel NILAI-NILAI SOSIAL DAN PENDIDIKAN DALAM NOVEL MAHKOTA CAHAYA UNTUK AYAH BUNDA KARYA FIFA DILA DAN PENGEMBANGANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA/MA KELAS XII Research problem this study aims to describe social and educational values in the novel Mahkota Cahaya untuk Ayah Bunda creation Fifa Dila and develop it as a literary teaching material in high school. This study used a descriptive qualitative research desigh. This qualitative data is found in the part of the novel text that contains social and educational values. The source of the data in this study is a novel Mahkota Cahaya untuk Ayah Bunda creation Fifa Dila. Findings of research on social value relating to human relation with god, human relations with themselves, human relations with fellow human being, and human relationships with their environment. The value of education contains about; virtue value, beauty value, work value, homeland love value, democratic value, unity value, moral value, and humanity value. Then the findings are discussed comprehensively to be implied as teaching materials (Student Worksheets) for high school. Keywords: social value, value of education, novel.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 188864277 . Digilib
Date Deposited: 22 Oct 2018 02:36
Terakhir diubah: 22 Oct 2018 02:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/37200

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir