PEMBELAJARAN TARI MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS X SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG

ADELLIA FITRIANI, 1413043001 (2018) PEMBELAJARAN TARI MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS X SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img] File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1668Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1668Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini membahas pembelajaran tari menggunakan pendekatan saintifik di kelas X SMA YP Unila Bandar Lampung dan bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan hasil pembelajaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan yaitu teori mengenai pendekatan saintifik dan evaluasi hasil belajar. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan 32 siswa yang mengikuti pembelajaran di kelas X IPS 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru terfokus kepada langkah pendekatan saintifik yakni guru membuka secara luas kesempatan untuk siswa menyimak, mendengar, dan membaca dan guru memfasilitasi siswa dengan sebuah objek (mengamati), guru mampu menginspirasi siswa untuk mengembangkan ranah sikap, pengetahuan, keterampilannya melalui kegiatan verbal (menanya), guru mampu mengarahkan siswa untuk mengkelompokkan jenis informasi yang bersifat spesifik menjadi lebih umum (manalar), mengolah merupakan kegiatan yang di kondisikan secara kolaboratif (mengolah), dan interaksi antar siswa dalam kegiatan pembelajaran (mengkomunikasikan). Tahapan pembelajaran pendekatan saintifik belum dilaksanakan di setiap pertemuan melainkan hanya di tiga pertemuan awal. Hasil pembelajaran seni tari menggunakan pendekatan saintifik kemudian diukur dengan menggunakan indikator tes kemampuan psikomotor dengan hasilnya, ratarata siswa mendapat nilai 70 keatas dengan kriteria baik. Kata kunci: Kurikulum 2013, Pembelajaran Tari, Pendekatan Saintifik. abstract This study discusses about how the application of dance learning using a scientific approach in class X SMA YP Unila Bandar Lampung and aims to describe the application and learning outcomes. The research method used is descriptive qualitative. Theories used are theories about the scientific approach and evaluation of learning outcomes. Sources of data in this study are teachers and 32 students who follow the learning in class X IPS 3. Data collection techniques used in this study are observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques used are data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results show that the teacher is focused on the steps of the scientific approach, the teacher opens wide opportunities for students to hear and read, also facilitates students with an object (observing), the teacher is able to inspire students. To develop the realm of attitude, knowledge, skills through verbal activities (asking), the teacher is able to direct students to classify certain types of information to be more general (manalar), processing are activiti es that are collaboratively conditioned (processing), and interaction between students in learning activities (communicate). The steps of saintifik approach is not yet implemented in every meeting but only in the first three meetings. The results of learning dance art using a scientific approach are then measured using indicators of psychomotor ability tests with results, the average student gets a score of 70 and above with good criteria. Keywords: Curriculum 2013, Dance Lesson, Scientific Approach.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 188621122 . Digilib
Date Deposited: 22 Oct 2018 03:55
Terakhir diubah: 22 Oct 2018 03:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/37217

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir