PEMBELAJARAN TARI SIGEH PENGUTEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TARI DI SMP NEGERI 3 BATANGHARI LAMPUNG TIMUR

NURUL AYU KARTIKA , 1413043030 (2018) PEMBELAJARAN TARI SIGEH PENGUTEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TARI DI SMP NEGERI 3 BATANGHARI LAMPUNG TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2413Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2415Kb) | Preview

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah pembelajaran tari sigeh penguten dengan menggunakan media audio visual di SMP Negeri 3 Batanghari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran tari sigeh penguten dalam menggunakan media audio visual di SMP Negeri 3 Batanghari. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pembelajaran kontruktivisme. Jenis analisis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan panduan observasi, panduan dokumentasi, tes dan nontes. Proses pembelajaran tari sigeh penguten dalam menggunakan media audio visual dimulai dengan tahap visual activities, listening activities, dan motor activities. Hasil pengamatan siswa dalam proses tari sigeh penguten menggunakan media audio visual pada tahapan visual activities memperoleh skor 35 atau 87,50%, listening activities memperoleh skor 29 atau 72,50%, dan motor activities memperoleh skor 23 atau 57, 50%. Kata kunci : media audio visual, pembelajaran, tari sigeh panguten ABSTRACT Problem formulation in this research is how to learn sigeh penguten dance by using audio visual media at SMP Negeri 3 Batanghari. This study aims to describe the process and learning outcomes sigeh penguten dance in using audio visual media in SMP Negeri 3 Batanghari. The theory used in this research is learning kontruktivisme. This research uses descriptive qualitative type of analysis. Collection techniques in this study are observation, documentation and interview. The research instrument used was observation guide, documentation guide, test and non-test. The learning process of dance sigeh pengunten in using audio visual media begins with the stage of visual activities, listening activities, and motor activities. The result of observation of students in sigeh penguten dance process using visual audio media at visual activity stage get score 35 or 87,50%, listening activities get score 29 or 72,50%, and motor activities get score 23 or 57, 50%. Keywords: audio visual media, learning, sigeh panguten dance

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik
Depositing User: 188773634 . Digilib
Date Deposited: 22 Oct 2018 04:52
Last Modified: 22 Oct 2018 04:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/37225

Actions (login required)

View Item View Item