DINA MARYANA, 1413041022 (2018) KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. FKIP.
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (72Kb) |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (4Mb) |
|
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (4Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Oleh DINA MARYANA Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan berbahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Timur semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berbahasa Indonesia siswa kelas V semester genap SD Negeri 4 Metro Timur tahun pelajaran 2017/2018. Ruang lingkup penelitian ini meliputi empat keterampilan berbahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 90 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V C SD Negeri 4 Metro Timur tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan pemberian tugas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Timur semester genap tahun pelajaran 2017/2018 mendapat kategori (Baik) dengan nilai rata-rata 74,25. Adapun kemampuan menyimak siswa mendapat kategori (Sangat Baik) dengan nilai rata-rata 86,25. Kemampuan berbicara dengan nilai rata-rata 79,7 dengan kategori (Baik), untuk kemampuan membaca mendapat kategori (Baik) dengan nilai rata-rata 73,3, dan kemampuan menulis mendapat kategori (Sedang) dengan nilai rata-rata 61,4. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan berbahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Timur tahun pelajaran 2017/2018 dikategorikan “baik” dengan rata-rata 74,25. Kata kunci: kemampuan, keterampilan berbahasa, metode deskriptif kualitatif.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 188599166 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Oct 2018 08:32 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2018 08:32 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/37256 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |