AYU RAHMAWATI, 1413024016 (2018) EFEKTIVITAS PENERAPAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 1 LINTIK. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (147Kb) |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1030Kb) |
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (984Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas penggunaan bahan ajar berbasis kearifan lokal meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada Tema 3 “Peduli Terhadap Makhluk Hidup”. Sampel dalam penelitian ini adalah 21 peserta didik kelas IV SDN 1 Lintik Kecamatan Krui Selatan Kabupaten Pesisir Barat. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar pretes-postes, lembar observasi aktivitas dan angket tanggapan peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata aktivitas secara keseluruhan sebesar 70,6 termasuk kriteria sedang dengan rata-rata n-Gain sebesar 0,71 termasuk dalam kriteria baik. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis kearifan lokal terbukti efektif meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: aktivitas peserta didik, bahan ajar berbasis kearifan lokal, hasil belajar, peduli terhadap makhluk hidup
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 188114114 . Digilib |
Date Deposited: | 23 Oct 2018 02:10 |
Terakhir diubah: | 23 Oct 2018 02:10 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/37277 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |