AYU RAHMAWATI, 1413024016 (2018) EFEKTIVITAS PENERAPAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 1 LINTIK. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.
![]() |
FIle PDF
ABSTRAK.pdf Download (147Kb) |
![]() |
FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1030Kb) |
![]() |
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (984Kb) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas penggunaan bahan ajar berbasis kearifan lokal meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada Tema 3 “Peduli Terhadap Makhluk Hidup”. Sampel dalam penelitian ini adalah 21 peserta didik kelas IV SDN 1 Lintik Kecamatan Krui Selatan Kabupaten Pesisir Barat. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar pretes-postes, lembar observasi aktivitas dan angket tanggapan peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata aktivitas secara keseluruhan sebesar 70,6 termasuk kriteria sedang dengan rata-rata n-Gain sebesar 0,71 termasuk dalam kriteria baik. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis kearifan lokal terbukti efektif meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: aktivitas peserta didik, bahan ajar berbasis kearifan lokal, hasil belajar, peduli terhadap makhluk hidup
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 188114114 . Digilib |
Date Deposited: | 23 Oct 2018 02:10 |
Terakhir diubah: | 23 Oct 2018 02:10 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/37277 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |