PENGARUH MODEL ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) PADA PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA TERHADAP KETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA SMP NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG BERKEMAMPUAN AKADEMIK BERBEDA

NINDA NINGTYAS , 1413024085 (2018) PENGARUH MODEL ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) PADA PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA TERHADAP KETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA SMP NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG BERKEMAMPUAN AKADEMIK BERBEDA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img] File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (17Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1521Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1521Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh dari penggunaan model pembelajaran ADI, kemampuan akademik siswa, dan interaksi antara model pembelajaran ADI dengan kemampuan akademik terhadap keterampilan argumentasi siswa. Model pembelajaran ADI diyakini tepat untuk digunakan karena materi sistem pencernaan pada manusia merupakan materi yang objeknya nyata dan dapat dilihat langsung oleh siswa serta siswa dapat mengobservasi fenomena yang berkaitan dengan sistem pencernaan, sehingga siswa tidak kesulitan saat merancang penyelidikan ilmiah. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Bandar Lampung. Sampel penelitian adalah kelas VIII 4 dan VIII 5 yang dipilih dari populasi dengan teknik cluster random sampling. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan desain Pretest Postest Non Equivalent Control Group Design. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif berupa data keterampilan argumentasi iii siswa diperoleh dari nilai pretes dan postes. Sementara, data kualitatif berupa hasil observasi keterlaksanaan sintaks pembelajaran dan hasil analisis angket tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran ADI. Data kuantitatif dalam penelitian ini dianalisis secara statistik dengan uji ankova pada taraf nyata 5%. Uji lanjut dilakukan terhadap nilai pretes dan postes yaitu dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Uji prasyarat berupa normalitas dan homogenitas dari nilai pretes dan postes. Data keterlaksanaan sintaks pembelajaran model ADI dan konvensional serta data tanggapan siswa secara deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model ADI terhadap keterampilan argumentasi siswa dengan angka signifikansi 0,000. Sedangkan, kemampuan akademik dan interaksi antara model pembelajaran ADI dengan kemampuan akademik tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan argumentasi siswa dengan angka signifikansi 0,314 dan 0,572. Hasil analisis keterlaksanaan sintaks model pembelajaran ADI menunjukkan bahwa “hampir seluruh kegiatan terlaksana” dengan persentase rataan Persentase Keterlaksanaan Sintaks (PKS) sebesar 75 ≤ PKS ≤ 100. Hasil analisis tanggapan siswa terhadap pembelajaran sistem pencernaan pada manusia dengan model ADI memiliki persentase tanggapan yang lebih tinggi dibandingkan dengan model konvensional. Kata kunci: model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI), keterampilan argumentasi, kemampuan akademik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 188750995 . Digilib
Date Deposited: 23 Oct 2018 03:04
Terakhir diubah: 23 Oct 2018 03:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/37287

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir