IMPLEMENTASI PROGRAM TULANG BAWANG BARAT CERDAS (TUBABA CERDAS) DI KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT

Thizarani Candrasari, 1416041098 (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM TULANG BAWANG BARAT CERDAS (TUBABA CERDAS) DI KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img] File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1478Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1478Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tulang Bawang Barat Cerdas (Tubaba Cerdas) merupakan sebuah program pendidikan yang dicetuskan oleh Bupati Tulang Bawang Barat dalam Forum Kepemimpinan Penggerak Daerah pada tahun 2014 dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Tulang Bawang Barat. Program Tubaba Cerdas dilaksanakan oleh para Pengajar Cerdas yang ditempatkan di setiap sekolah pada lima kecamatan yang ada di Kabupaten Tulang Bawang Barat. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan Program Tubaba Cerdas di Kabupaten Tulang Bawang Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil dari penelitian Program Tubaba Cerdas dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Tulang Bawang Barat dapat dilihat melalui enam indikator model implementasi Van Meter dan Van Horn. Berdasarkan indikator tersebut menunjukkan bahwa implementasi Program Tubaba Cerdas belum terlaksana dengan baik. Masih terdapat kendala seperti belum tersedianya standar pelaksanaan seperti SOP Program Tubaba Cerdas, kurang tersedianya sarana dan prasarana bagi Pengajar Cerdas di sekolah penempatan dan masih terdapat guru (selain Pengajar Cerdas) yang bersikap kurang disiplin di beberapa sekolah sehingga menghambat proses pencapaian tujuan. Rekomendasi yang peneliti berikan yaitu, pembuatan standar yang lebih rinci terkait pelaksanaan Program Tubaba Cerdas, penyediaan fasilitas penunjang proses mengajar bagi Pengajar Cerdas di setiap sekolah penempatan, pengawasan lebih lanjut dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tulang Bawang Barat terhadap sekolah dan guru (selain Pengajar Cerdas) yang tidak disiplin, pengadaan sistem rolling untuk para guru serta menambah jumlah Pengajar Cerdas dan jumlah sekolah dasar yang menjadi lokasi pelaksanaan Program Tubaba Cerdas. Kata Kunci : Kebijakan Publik, Implementasi Kebijakan, Program Tulang Bawang Barat Cerdas IMPLEMENTATION OF SMART TULANG BAWANG BARAT PROGRAM (SMART TUBABA) IN TULANG BAWANG BARAT REGENCY Smart West Tulang Bawang (Smart Tubaba) is an education program initiated by the regent of West Tulang Bawang in the Regional Mover Leadership Forum at year 2014 with the aim of improving the quality of education in West Tulang Bawang Regency. The Smart Tubaba Program is carried out by the Smart Teachers who are placed in each school at five subdistricts in West Tulang Bawang Regency. This research aims to describe the implementation of the Smart Tubaba Program in West Tulang Bawang Regency. The research method used in this study is a descriptive research with qualitative approach. Data collection techniques used are interviews, observation and documentation. The result of Smart Tubaba Program research in improving the quality of education in West Tulang Bawang Regency can be seen through six indicators the implementation model of Van Meter and Van Horn. Based on these indicators it shows that the implementation of Smart Tubaba Program has not been implemented quite well. There are still obstacles such as unavailability of implementing standard such as Standard Operating Procedures of Smart Tubaba Prorgam, lack of availability of facilities and infrastructure for Smart Teachers in placement school and there are still teachers (besides Smart Teacher) who are less disciplined in some schools that obstructed the process of achieving the goals. The recommendations given by the researchers are, making more detailed standards relating to implementation of Smart Tubaba Program, provision of facilities for teaching process for Smart Teachers at each placement school, further supervision from the West Tulang Bawang Education Department to undisciplined schools and teachers (besides Smart Teacher), procurement of rolling system for teachers and increasing the number of Smart Teachers and number of primary schools that becoming the location for the implementation of Smart Tubaba Program. Keyword : Public Policy, Policy Implementation, Smart West Tulang Bawang Program

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara
Pengguna Deposit: 188853083 . Digilib
Date Deposited: 23 Oct 2018 06:44
Terakhir diubah: 23 Oct 2018 06:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/37290

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir