REALIZATION OF THE APPLICATION OF LAMPUNG HANDWRITTEN RECOGNITION WITH TOUCHSCREEN INPUT USING BACKPROPAGATION ARTIFICIAL NEURAL NETWORKS RANCANG BANGUN APLIKASI PENGENALAN TULISAN TANGAN AKSARA LAMPUNG DENGAN MASUKAN LAYAR SENTUH MENGGUNAKAN JARINGAN SYARAF TIRUAN BACKPROPAGATION

HENDRI SETIAWAN, 0915031044 (2014) REALIZATION OF THE APPLICATION OF LAMPUNG HANDWRITTEN RECOGNITION WITH TOUCHSCREEN INPUT USING BACKPROPAGATION ARTIFICIAL NEURAL NETWORKS RANCANG BANGUN APLIKASI PENGENALAN TULISAN TANGAN AKSARA LAMPUNG DENGAN MASUKAN LAYAR SENTUH MENGGUNAKAN JARINGAN SYARAF TIRUAN BACKPROPAGATION. Fakultas Teknik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (1913Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (3385Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (3309Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (2194Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (536Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (537Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (513Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Lampung language is language used by people who live in southern Sumatera. It is written in Lampung characters known as ”kaganga”. Currently, Lampung language is rarely used so it is necessary to preserve it. The aim of this research is to make an application which able to recognize and translate Lampung characters handwritten into bahasa. In contrast to previous research that used scanned paper as a medium for writing, in this research the user can write characters directly on this application using touchscreen input. So that, the use of paper can be reduced. The system is designed by applying the Artificial Neural Network (ANN) and image processing techniques. System design consist two systems, they are training system and testing system. Training system is conducted to train the neural network to be able to recognize characters. Some characters have similarity so that those are trained repeatedly. All of characters training generates an average error below of 10%. While the testing system is a application used to test the network. The application is able to read the Lampung characters handwritten and translate it into bahasa. Average recognition error obtained from the testing system is 12% of the 50 samples of handwritten testing. The recognition errors affected by several things, they are structure of characters, image processing techniques, handwritten variation, the parameters determination of artificial neural networks. Bahasa dan aksara Lampung merupakan bahasa/tulisan yang digunakan sejak dahulu oleh penduduk asli Lampung untuk saling berkomunikasi. Saat ini bahasa dan aksara Lampung sudah jarang digunakan sehingga diperlukan upaya untuk melestarikannya. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi yang dapat mengenali aksara Lampung dan menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia. Berbeda dengan penelitian sebelumnya yang menggunakan kertas yang di-scan sebagai media untuk menulis, pada penelitian ini pengguna dapat menuliskan aksara secara langsung pada aplikasi. Dengan demikian penggunaan kertas dapat dikurangi. Perancangan aplikasi ini dibuat dengan menerapkan ilmu Jaringan Syaraf Tiruan (JST) dan teknik pengolahan citra. Sistem ini terdiri dari dua perangkat, yaitu perangkat pelatihan dan perangkat aplikasi. Perangkat pelatihan digunakan untuk membuat dan melatih jaringan syaraf tiruan agar mampu mengenali pola aksara. Pelatihan jaringan dilakukan secara bertingkat untuk mendapatkan pengenalan yang lebih baik karena beberapa karakter aksara Lampung memiliki kemiripan. Hasil yang diperoleh dari perangkat pelatihan ini berupa nilai bobot dan bias yang akan digunakan pada perangkat aplikasi. Dari pelatihan karakter didapatkan persentase kesalahan di bawah 10%. Sedangkan perangkat aplikasi merupakan perangkat yang digunakan untuk melakukan pengujian jaringan. Perangkat ini mampu membaca aksara Lampung dan menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia. Perangkat aplikasi sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memungkinkan bagi pengguna untuk menulis langsung pada aplikasi tersebut. Dari hasil pengujian perangkat aplikasi diperoleh persentase kesalahan pengenalan sebesar 12% dari 50 kali pengujian. Kesalahan pengenalan pada perangkat aplikasi dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu bentuk karakter aksara, proses pengolahan citra, keberagaman bentuk tulisan tangan dan penentuan algoritma dan parameter pada jaringan syaraf tiruan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Elektro
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 02 Oct 2014 03:45
Terakhir diubah: 02 Oct 2014 03:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3746

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir