Suwardi, SYAIFUDIN DWIANTORO (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SRI PENDOWO LAMPUNG TIMUR. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf - Published Version Download (263Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf - Published Version Download (263Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (22Mb) | Preview |
|
|
File PDF
6. HALAMAN PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (488Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (108Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (423Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (15Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (67Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 1 Sri Pendowo Lampung Timur belum berlangsung sesuai yang diharapkan. Guru belum optimal dalam menerapkan variasi model pembelajaran. Guru hanya memberikan informasi berupa produk IPA dan siswa belum dilibatkan secara aktif dalam bekerja ilmiah serta belum diberikan kesempatan untuk bersentuhan langsung dengan apa yang akan dipelajari. Siswa belum menguasai dan menerapkan berbagai jenis keterampilan proses IPA. Selain itu, hasil belajar siswa juga belum memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses IPA dan hasil belajar siswa melalui model guided discovery. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik non tes dan tes dengan menggunakan lembar observasi untuk mengetahui kinerja guru dan penguasaan keterampilan proses IPA siswa serta soal tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model guided discovery dapat meningkatkan keterampilan proses IPA dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari penguasaan keterampilan proses IPA pada siklus I berada pada kategori sedang, meningkat menjadi kategori tinggi pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 67,86% meningkat 17,85% menjadi 85,71% pada ahir siklus II. Kata kunci : Model guided discovery, keterampilan proses, hasil belajar IPA.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 10 Jan 2014 08:20 |
Terakhir diubah: | 10 Jan 2014 08:20 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/376 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |