Ngatno, TRIANA DEWI (2013) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SENDANG AGUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
2. Cover Dalam.pdf - Published Version Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1. Abstrak.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3.Halaman Persetujuan.pdf - Published Version Download (2499Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5.Pernyataan.pdf - Published Version Download (272Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. Daftar Isi.pdf - Published Version Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1. BAB I.pdf - Published Version Download (146Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. BAB II.pdf - Published Version Download (199Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. BAB III.pdf - Published Version Download (456Kb) | Preview |
|
File PDF
4. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (998Kb) |
||
|
File PDF
5. BAB V.pdf - Published Version Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (52Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (16Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di kelas V SD Negeri 1 Sendang Agung belum berlangsung seperti yang diharapkan. Salah satu penyebabnya adalah guru belum menerapkan model-model pembelajaran secara maksimal, selama kegiatan pembelajaran guru cenderung menerapkan konsep yang bersifat hafalan sehingga pembelajaran terkesan membosankan dan jarang melibatkan siswa secara langsung sehingga banyak siswa yang mengobrol di dalam kelas atau cenderung ribut dan berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar. Tujuan penelitian ini guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Kemudian, data dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitan menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe snowball throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata presentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 58,74% siklus II 69,72% dan pada siklus III meningkat menjadi 82,67%. Hasil rekapitulasi peningkatan terhitung dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 10,98% dan siklus II ke siklus III terdapat peningkatan sebesar 12.95%. Hasil belajar siswa meningkat pada tiap siklusnya, pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 63,70, siklus II 71,96 dan siklus III meningkat menjadi 86,30 terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II 8,26% sedangkan pada siklus II ke siklus III terdapat peningkatan sebesar 14,34%. Kata kunci : Model cooperative learning tipe snowball throwing, PKn, aktivitas belajar, dan hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 11 Jan 2014 04:19 |
Terakhir diubah: | 11 Jan 2014 04:19 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/377 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |