PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SENDANG AGUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Ngatno, TRIANA DEWI (2013) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SENDANG AGUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
2. Cover Dalam.pdf - Published Version

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Abstrak.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3.Halaman Persetujuan.pdf - Published Version

Download (2499Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5.Pernyataan.pdf - Published Version

Download (272Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
1. BAB I.pdf - Published Version

Download (146Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB II.pdf - Published Version

Download (199Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB III.pdf - Published Version

Download (456Kb) | Preview
[img] Text
4. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (998Kb)
[img]
Preview
Text
5. BAB V.pdf - Published Version

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (52Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (16Mb)

Abstrak

Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di kelas V SD Negeri 1 Sendang Agung belum berlangsung seperti yang diharapkan. Salah satu penyebabnya adalah guru belum menerapkan model-model pembelajaran secara maksimal, selama kegiatan pembelajaran guru cenderung menerapkan konsep yang bersifat hafalan sehingga pembelajaran terkesan membosankan dan jarang melibatkan siswa secara langsung sehingga banyak siswa yang mengobrol di dalam kelas atau cenderung ribut dan berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar. Tujuan penelitian ini guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Kemudian, data dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitan menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe snowball throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata presentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 58,74% siklus II 69,72% dan pada siklus III meningkat menjadi 82,67%. Hasil rekapitulasi peningkatan terhitung dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 10,98% dan siklus II ke siklus III terdapat peningkatan sebesar 12.95%. Hasil belajar siswa meningkat pada tiap siklusnya, pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 63,70, siklus II 71,96 dan siklus III meningkat menjadi 86,30 terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II 8,26% sedangkan pada siklus II ke siklus III terdapat peningkatan sebesar 14,34%. Kata kunci : Model cooperative learning tipe snowball throwing, PKn, aktivitas belajar, dan hasil belajar.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 11 Jan 2014 04:19
Last Modified: 11 Jan 2014 04:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/377

Actions (login required)

View Item View Item