Sutaji, HERU SUHARTI (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS V SD N 2 GEDUNG AIR BANDAR LAMPUNG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (233Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (202Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (270Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (110Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (164Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (161Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (255Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (71Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (1849Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini di latarbelakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Gedung Air khususnya mata pelajaran IPA,rendahnya aktivitas dan hasil belajar disebabkan karena guru belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Salah satu sistem pembelajaran yang dirancang agar memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja sama dengan sesama siswa dalam tugastugas terstruktur adalah dengan pembelajaran kooperatif.Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Gedung Air dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Tindakan Kelas yang difokuskan pada situasi kelas. Kegiatan ini dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Alat pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa melalui model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Gedung Air. Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran terlihat semakin meningkat, pada siklus I sebesar 69.86% dengan kategori “kurang” , siklus II sebesar 80.18% Terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 10.32%. Begitu pula dengan hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklusya. Pada siklus I siswa yang tuntas belajar sebesar 66.66% dengan kategori “ kurang “dan pada siklus II siswa yang tuntas belajar sebesar 86.66% dengan kategori “ baik “terjadi peningkatan dari siklus I dan ke siklus II sebesar 20%. Kata kunci : aktivitas, hasil belajar, IPA, koooeratif.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 11 Jan 2014 04:19 |
Terakhir diubah: | 11 Jan 2014 04:19 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/378 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |