PEMBERIAN Daphnia sp. YANG DIPERKAYA TEPUNG IKAN UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN DAN SINTASAN LARVA IKAN GABUS (Channa striata) (Bloch,1793)

Ayu Yanuarita Putri, 1214111014 (2018) PEMBERIAN Daphnia sp. YANG DIPERKAYA TEPUNG IKAN UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN DAN SINTASAN LARVA IKAN GABUS (Channa striata) (Bloch,1793). Fakultas Pertanian, Universitas Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstrak

Larva ikan gabus (Channa striata) membutuhkan pakan alami dengan kandungan nutrisi yang sesuai untuk pertumbuhan dan kelangsungan hidupnya. Daphnia sp. dapat dimanfaatkan sebagai pakan alami bagi larva ikan gabus dengan meningkatkan nutrisinya sehingga diperlukan bahan untuk memperkayanya. Tepung ikan memiliki kandungan protein yang tinggi (68,54%) sehingga dapat digunakan sebagai bahan pengkaya Daphnia sp. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian Daphnia sp. yang diperkaya tepung ikan terhadap pertumbuhan dan kelangsunganhidup larva ikan gabus. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni–Juli 2017 bertempat di Laboratorium Perikanan, Jurusan Perikanan dan Kelautan, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung. Penelitian menggunakan 4 perlakuan dengan 3 kali ulangan yaitu Perlakuan A (Daphnia sp.), B (Daphnia sp.+ tepung ikan 3 g/ℓ), C (Daphnia sp.+ tepung ikan 6 g/ℓ) dan D (Daphnia sp.+ tepung ikan 9 g/ℓ). Parameter yang diukur yaitu pertumbuhan panjang mutlak, berat mutlak, dan kelangsungan hidup serta kualitas air. Data dianalisis menggunakan sidik ragam anova Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian Daphnia sp. Yang diperkaya dengan tepung ikan berpengaruh terhadap pertumbuhan berat dan panjang mutlak. Pemberian (Daphnia sp+ tepung ikan 9 gr/L) dengan panjang menghasilkan 92 mm menghasilkan berat mutlak sebesar 62 mg dan kelangsungan hidup sebesar 91.7%. Kata Kunci : Daphnia sp, Bobot, Ikan gabus, Pertumbuhan, Tepung ikan

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Pertanian > Budidaya . Perikanan . Angling
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Budidaya Perairan
Depositing User: 188348765 . Digilib
Date Deposited: 24 Oct 2018 03:09
Last Modified: 24 Oct 2018 03:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/38033

Actions (login required)

View Item View Item