PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATERI TEKANAN ZAT CAIR SISWA SMP NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG ANTARA MODEL GUIDED INQUIRY DAN DISCOVERY LEARNING

INDAH PERMATASARI, 1413022033 (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATERI TEKANAN ZAT CAIR SISWA SMP NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG ANTARA MODEL GUIDED INQUIRY DAN DISCOVERY LEARNING. Universitas -Lampung, Fakultas FKIP.

[img] File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb)
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (0b)
[img] File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (76Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran saintifik yang digunakan dalam implementasi kurikulum 2013 mencakup lima aktifitas belajar mengamati, bertanya, melakukan percobaan atau mencari informasi, melakukan penalaran atau asosiasi untuk mengolah informasi dan mengembangkan jaringan atau mengkomunikasikan hasil investigasi. Salah satu model pembelajaran saintifik dalam pembelajaran yang disarankan dalam kurikulum 2013 adalah guided inquiry dan discovery learning. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbandingan hasil belajar antara model guided inquiry dan discovery learning pada materi tekanan zat cair siswa SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Desain eksperimen pada penelitian ini menggunakan bentuk Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design, dengan kelas eksperimen I yaitu kelas VIII A yang diberi perlakukan menggunakan model guided inquiry, sedangkan kelas eksperimen II yaitu kelas VIII B menggunakan model discovery learning. Teknik analisis data hasil belajar siswa menggunakan skor N-gain sedangkan pengujian hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test. Berdasarkan uji N-gain disimpulkan bahwa nilai hasil belajar pada model guided inquiry lebih tinggi dibandingkan dengan model discovery learning, yaitu 0,71 untuk model guided inquiry dan 0,57 untuk model discovery learning. Hasil uji hipotesis statistik menggunakan Independent Sample T-Test memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar ranah kognitif siswa antara menggunakan model guided inquiry dengan model discovery learning. Kata kunci : Discovery learning, Guided inquiry, Hasil belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 188898255 . Digilib
Date Deposited: 24 Oct 2018 04:47
Terakhir diubah: 24 Oct 2018 04:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/38086

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir