Muhlini , Iswandi (2013) PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 01 SUKAAGUNG BARAT KECAMATAN BULOK. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (237Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (222Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (225Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (110Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (87Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (316Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil observasi awal pembelajaran IPS di kelas IV SDN 01 Sukaagung Barat diketahui aktivitas dan prestasi belajar siswa masih rendah. Pembelajaran masih berpusat pada guru dan siswa pasif. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPS melalui metode inkuiri. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, yang berlangsung dalam 2 siklus. Rancangan masing-masing siklus terdiri 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan dan pemberian tes pada setiap siklus. Data dianalisis dengan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPS. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dari 39 orang, hanya mendapat kreteria cukup dan pada siklus II meningkat menjadi baik. Sedangkan ditinjau dari ketuntasan prestasi belajar siswa pada siklus I belajar sebesar 30,76% dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 87,61%. Kata kunci : Aktivitas, prestasi belajar dan metode inkuiri
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 11 Jan 2014 04:19 |
Terakhir diubah: | 11 Jan 2014 04:19 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/383 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |