PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONTRASI PADA SISWA KELAS V SDN 3 BULUKARTO KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN 2012/2013

Sanmirja, YUYUN SUPARMAN (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONTRASI PADA SISWA KELAS V SDN 3 BULUKARTO KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
MENYETUJUI.pdf - Published Version

Download (525Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (317Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (158Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (291Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (453Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (122Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (1870Kb)

Abstrak

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 3 Bulukarto Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA menggunakan metode demonstrasi. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan kinerja guru, perangkat tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar yaitu pada siklus I nilai 77 kategori aktif dan siklus II nilai 97 kategori aktif. Hasil belajar siswa siklus I mencapai ketuntasan 48% pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 92%. Kinerja guru pada siklus I nilai 76,55 dan siklus II nilai 82,76mengalami peningkatan 6,21 %. Kata Kunci: Aktivitas dan hasil belajar, metode demonstrasi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 10 Jan 2014 08:41
Terakhir diubah: 10 Jan 2014 08:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/384

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir