DWI FITRIANI, 1013053049 (2014) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA GRAFIS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I B SD NEGERI 7 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Fakultas KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (162Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (130Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (124Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (149Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (172Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (275Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (250Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (411Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (717Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas I B SD Negeri 7 Metro Pusat tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode problem solving dengan media grafis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan tahap: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa: instrumen aktivitas belajar siswa, sikap dan keterampilan siswa, instrumen penilaian kinerja guru dan test. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode pembelajaran problem solving dengan media grafis dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I (70%) dan siklus II (81,04%). Sementara itu rata-rata hasil belajar siswa pada aspek sikap pada siklus I (63,37) dan siklus II (76,66), untuk ketuntasan klasikal sikap pada siklus I (66,67%) dan siklus II (83,33%). Selain itu, rata-rata keterampilan siswa pada siklus I (69,01) dan siklus II (79,98), untuk ketuntasan klasikal keterampilan siklus I (70,83%) dan siklus II (79,17%). Rata-rata hasil belajar kognitif siklus I (71,78) dan siklus II (80,57), ketuntasan klasikal kognitif siklus I (62,5%) dan siklus II (83,33%). Kata kunci : aktivitas belajar, media grafis, metode problem solving, hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 13 Oct 2014 04:10 |
Terakhir diubah: | 13 Oct 2014 04:10 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3969 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |