PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA GRAFIS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I B SD NEGERI 7 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014

DWI FITRIANI, 1013053049 (2014) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA GRAFIS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I B SD NEGERI 7 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Fakultas KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (162Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (130Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (124Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (149Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (172Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (275Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (250Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (411Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas I B SD Negeri 7 Metro Pusat tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode problem solving dengan media grafis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan tahap: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa: instrumen aktivitas belajar siswa, sikap dan keterampilan siswa, instrumen penilaian kinerja guru dan test. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode pembelajaran problem solving dengan media grafis dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I (70%) dan siklus II (81,04%). Sementara itu rata-rata hasil belajar siswa pada aspek sikap pada siklus I (63,37) dan siklus II (76,66), untuk ketuntasan klasikal sikap pada siklus I (66,67%) dan siklus II (83,33%). Selain itu, rata-rata keterampilan siswa pada siklus I (69,01) dan siklus II (79,98), untuk ketuntasan klasikal keterampilan siklus I (70,83%) dan siklus II (79,17%). Rata-rata hasil belajar kognitif siklus I (71,78) dan siklus II (80,57), ketuntasan klasikal kognitif siklus I (62,5%) dan siklus II (83,33%). Kata kunci : aktivitas belajar, media grafis, metode problem solving, hasil belajar.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 13 Oct 2014 04:10
Last Modified: 13 Oct 2014 04:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3969

Actions (login required)

View Item View Item