PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS IV C SD NEGERI 06 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Andi Prasetya, 1013053036 (2014) PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS IV C SD NEGERI 06 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014. FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (444Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (488Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (496Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (108Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (167Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (314Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (62Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa kelas IV C SD Negeri 06 Metro Pusat Kota Metro yaitu 74% dari jumlah 31 orang siswa belum mencapai KKM ≥75 yang diketahui dari hasil observasi. Tujuan penelitian adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan problem posing. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data kemampuan pemecahan masalah menggunakan lembar observasi dan data hasil belajar menggunakan lembar tes. Data kemampuan pemecahan masalah dianalisis kualitatif, sedangkan data hasil belajar dianalisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan problem posing dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus I sebesar 69,89 kemudian meningkat pada siklus II menjadi 87,22. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 71,03 meningkat menjadi 81,19 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar pada siklus I yaitu 70,97%, meningkat menjadi 90,32% di siklus II. Kata kunci : problem posing, pemecahan masalah, hasil belajar.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 13 Oct 2014 04:09
Last Modified: 13 Oct 2014 04:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4004

Actions (login required)

View Item View Item