EFEKTIVITAS BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA SDN KAMPUNG JAWA

ARINI DWI LESTARI, 1413024011 (2018) EFEKTIVITAS BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA SDN KAMPUNG JAWA. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img] File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (0b)
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (0b)
[img] File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (8Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan bahan ajar berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan penguasaan konsep dan aktivitas belajar siswa serta tanggapan siswa terhadap bahan ajar berbasis kearifan lokal. Subjek penelitian ini adalah 33 siswa kelas IV di SDN Kampung Jawa dengan teknik sampling jenuh. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest postest. Teknik pengumpulan data menggunakan nilai pretes postes, lembar observasi aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa terhadap bahan ajar berbasis kearifan lokal . Efektivitas bahan ajar berbasis kearifan lokal ditentukan dari nilai pretes postes penguasaan konsep dan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis kearifan lokal meningkatkan penguasaan konsep siswa dengan nilai rata-rata Gain 0,75 dan berkategori tinggi sedangkan hasil aktivitas belajar siswa yang diperoleh ratarata sebesar 70 dengan kriteria tinggi. Sedangkan untuk hasil angket tanggapan xii siswa diperoleh nilai untuk aspek tampilan sebesar 85%, pada aspek penyajian materi 94% dan untuk aspek manfaat sebesar 85%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis kearifan lokal efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep dan aktivitas siswa selama pembelajaran serta mendeskripsikan angket tanggapan siswa terhadap bahan ajar berbasis kearifan lokal. Kata kunci: aktivitas, kearifan lokal, peduli terhadap makhluk hidup, penguasaan konsep

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 188445001 . Digilib
Date Deposited: 05 Jul 2022 02:08
Terakhir diubah: 05 Jul 2022 02:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/40060

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir