DITA ERWIDIYA, 1013053107 (2014) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TPS UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B DI SDN 11 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014. FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (187Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (170Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (110Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (147Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (106Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (145Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (392Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (231Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (144Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti menunjukan bahwa masih rendahnya sikap kerjasama siswa karena guru belum optimal menggunakan model pembelajaran yang bervariasi yang dapat melibatkan siswa secara aktif di dalam kegiatan pembelajaran. Hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang belum memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa melalui model Cooperative Learning tipe TPS siswa kelas IV B di SDN 11 Metro Pusat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik non tes dengan menggunakan lembar observasi dan soal tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe TPS dapat meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan sikap kerjasama siswa pada siklus I berada pada kategori “cukup” dan pada siklus II meningkat menjadi kategori “baik”. Presentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 70,83% meningkat 12,5% menjadi 83,33% pada akhir siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Learning tipe TPS dapat digunakan guru sekolah dasar sebagai model pembelajaran untuk meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa. Kata kunci: cooperative learning, hasil belajar, kerjasama, TPS.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 13 Oct 2014 04:06 |
Terakhir diubah: | 13 Oct 2014 04:06 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4018 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |