ELY FITRI ASTUTI, 0913024032 (2014) PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR BROSUR TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Seputih Surabaya Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER D ALAM.pdf Download (233Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (512Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (488Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (200Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (100Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (106Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (246Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (387Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1040Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran IPA yang mengajar di kelas VIII SMP Negeri 1 Seputih Surabaya kabupaten Lampung Tengah menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar brosur terhadap peningkatan penguasaan materi oleh siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah kelas VIIIB dan VIIIC yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitiannya berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa, dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan brosur yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5%. Ely Fitri Astuti iii Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar brosur dapat meningkatkan penguasaan materi oleh siswa dibuktikan dengan rata-rata pretes pada kelas eksperimen 16,74 ± 10,5; rata-rata postes 74,95 ± 7,62; dan rata-rata gain sebesar 0,70 ± 0,09. Peningkatan hasil belajar juga terjadi pada indikator aspek kognitif (C2, C4, dan C5) dengan rata-rata gain pada indikator C2 sebesar 0,53 ± 0,20; indikator C4 sebesar 0,74 ± 0,10 dan indikator C5 sebesar 0,9 ± 0,3. Sedangkan rata-rata aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen yaitu 75,53% dengan kriteria tinggi. Selain itu, pada umumnya siswa (74,16%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan brosur. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan brosur berpengaruh dalam meningkatkan penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok sistem peredaran darah. Kata kunci : Brosur, Penguasaan materi, Sistem Peredaran Darah
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 222547 . Digilib |
Date Deposited: | 14 Oct 2014 02:23 |
Terakhir diubah: | 14 Oct 2014 02:23 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4098 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |