PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 2 KEDONDONG

Heni. R, 1013109099 (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 2 KEDONDONG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DEPAN.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (489Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (564Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (253Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (504Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (132Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (119Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305Kb) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (53Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa dengan nilai rata-rata di bawah KKM pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur dilaksanakan melalui dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari; (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar instrumen aktivitas siswa, lembar instrumen kinerja guru dan lembar soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif untuk mengukur aktivitas siswa dan kinerja guru, sedangkan data kuantitatif dugunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif STAD pada mata pelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Kedondong berdampak pada peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I (69,73%) dengan kategori “Cukup” meningkat sebesar 6,61% pada siklus II menjadi (76,34%) dengan kategori “Baik”. Rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I (48,26) meningkat sebesar 14,78. Kata kunci: Model kooperatif STAD, aktivitas dan hasil belajar.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 104450 . Digilib
Date Deposited: 15 Oct 2014 04:37
Last Modified: 15 Oct 2014 04:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4102

Actions (login required)

View Item View Item