I Nyoman Tri Bayu T, 0913024097 (2014) PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LERARNING CYCLE 5 FASE (LC) MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN (Kuasai Eksperimental Pada Siswa Kelas VIII IPA Semester Ganjil SMP Negeri 4 Padang Cermin Tahun Pelajaran 2013/2014). Fakultas Mipa, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (789Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (589Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (287Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (160Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (966Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (148Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Cycle 5 Fase dengan STAD dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi siswa. Desain penelitian adalah desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIC yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Cycle 5 Fase dengan STAD yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan -gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t atau uji U dengan program SPSS versi 17. I Nyoman Tri Bayu T iii Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan penguasan materi siswa pada kelas STAD dengan rata-rata pretest sebesar 34,22 ± 10.56; nilai posttest sebesar 73,43 ± 5,96; dan gain yaitu 0,61 ± 0,093 dengan kriteria sedang. Peningkatan Penguasaan materi juga terjadi pada indikator aspek kognitif (C2 dan C4) dengan rata-rata gain pada indikator C2 0,52 ± 0,51 dan indikator C4 sebesar 0,55 ± 0,14. Sedangkan rata-rata aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas STAD yaitu 73,42 % yang berkriteria sedang. Selain itu, seluruh siswa (100 %) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model STAD. Dengan demikian, bahwa penerapan Model STAD lebih berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi siswa secara signifikan dibandingkan dengan model LC 5 Fase. Kata kunci : Penguasaan materi, Model STAD, Model LC 5 Fase, Sistem pencernaan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 222547 . Digilib |
Date Deposited: | 14 Oct 2014 02:24 |
Terakhir diubah: | 14 Oct 2014 02:24 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4107 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |