PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LERARNING CYCLE 5 FASE (LC) MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN (Kuasai Eksperimental Pada Siswa Kelas VIII IPA Semester Ganjil SMP Negeri 4 Padang Cermin Tahun Pelajaran 2013/2014)

I Nyoman Tri Bayu T, 0913024097 (2014) PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LERARNING CYCLE 5 FASE (LC) MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN (Kuasai Eksperimental Pada Siswa Kelas VIII IPA Semester Ganjil SMP Negeri 4 Padang Cermin Tahun Pelajaran 2013/2014). Fakultas Mipa, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (789Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (589Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (287Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (102Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (160Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (966Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Cycle 5 Fase dengan STAD dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi siswa. Desain penelitian adalah desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIC yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Cycle 5 Fase dengan STAD yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan -gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t atau uji U dengan program SPSS versi 17. I Nyoman Tri Bayu T iii Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan penguasan materi siswa pada kelas STAD dengan rata-rata pretest sebesar 34,22 ± 10.56; nilai posttest sebesar 73,43 ± 5,96; dan gain yaitu 0,61 ± 0,093 dengan kriteria sedang. Peningkatan Penguasaan materi juga terjadi pada indikator aspek kognitif (C2 dan C4) dengan rata-rata gain pada indikator C2 0,52 ± 0,51 dan indikator C4 sebesar 0,55 ± 0,14. Sedangkan rata-rata aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas STAD yaitu 73,42 % yang berkriteria sedang. Selain itu, seluruh siswa (100 %) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model STAD. Dengan demikian, bahwa penerapan Model STAD lebih berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi siswa secara signifikan dibandingkan dengan model LC 5 Fase. Kata kunci : Penguasaan materi, Model STAD, Model LC 5 Fase, Sistem pencernaan

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: 222547 . Digilib
Date Deposited: 14 Oct 2014 02:24
Last Modified: 14 Oct 2014 02:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4107

Actions (login required)

View Item View Item