., ARIE HAGANA PUTRA (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 01 SUKA AGUNG BARAT KECAMATAN BULOK. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HAL. PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (421Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HAL. PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (364Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (241Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (130Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (227Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (378Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (40Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (2773Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata di bawah KKM pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur dilaksanakan melalui dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari; (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar instrumen aktivitas siswa, lembar instrumen kinerja guru dan lembar soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif untuk mengukur aktivitas siswa dan kinerja guru, sedangkan data kuantitatif dugunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Suka Agung Barat berdampak pada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I (69,73%) dengan kategori “Cukup” meningkat sebesar 6,61% pada siklus II menjadi (76,34%) dengan kategori “Baik”. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (48,26) meningkat sebesar 14,78. Kata kunci: Model kooperatif tipe STAD, aktivitas dan hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 15 Jan 2014 08:00 |
Terakhir diubah: | 15 Jan 2014 08:00 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/414 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |