PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 01 SUKA AGUNG BARAT KECAMATAN BULOK

., ARIE HAGANA PUTRA (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 01 SUKA AGUNG BARAT KECAMATAN BULOK. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HAL. PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (421Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HAL. PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (364Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (241Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (130Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (227Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (378Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (40Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (2773Kb)

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata di bawah KKM pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur dilaksanakan melalui dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari; (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar instrumen aktivitas siswa, lembar instrumen kinerja guru dan lembar soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif untuk mengukur aktivitas siswa dan kinerja guru, sedangkan data kuantitatif dugunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Suka Agung Barat berdampak pada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I (69,73%) dengan kategori “Cukup” meningkat sebesar 6,61% pada siklus II menjadi (76,34%) dengan kategori “Baik”. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (48,26) meningkat sebesar 14,78. Kata kunci: Model kooperatif tipe STAD, aktivitas dan hasil belajar.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 15 Jan 2014 08:00
Last Modified: 15 Jan 2014 08:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/414

Actions (login required)

View Item View Item