WAHID PRIYONO, 0913024076 (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MANUSIA (Studi Eksperimental Semu pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014). Fakultas Mipa, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (95Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (106Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (126Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (225Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (529Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (52Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIB dan VIIID SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan yang dipilih dari populasi secara Purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji-U pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas kerjasama siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata Gain 0,58 dengan kriteria sedang. Selain itu, pada kelas eksperimen rata-rata Gain indikator Wahid Priyono iii kognitif hasil belajar siswa C1 sebesar 0,81 dan C2 sebesar 0,44. Rata-rata persentase aktivitas kerjasama siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen memiliki kriteria cukup yaitu 67,18 %. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dan dapat meningkatkan aktivitas kerjasama siswa pada materi pokok Sistem Pencernaan Manusia. Kata kunci : aktivitas kerjasama, hasil belajar, model STAD.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 222547 . Digilib |
Date Deposited: | 14 Oct 2014 02:29 |
Terakhir diubah: | 14 Oct 2014 02:29 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4142 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |