NURYATI, 0113075006 (2014) PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII A SEMESTER GENAP SMP TRIMULYA TAHUN PELAJARAN 2013-2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (117Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (152Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (76Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (126Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (111Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (378Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (37Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS, khususnya meningkatkan kemampuan guru dalam merencanakan dan menetapkan strategi pembelajaran sesuai dengan tujuan kurikuler.Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII ASMP Trimulya pada semester genap tahun pelajaran 2013-2014. Prosedur penelitian meliputi identifikasi permasalahan yang dihadapi guru dan siswa yang berkaitan dengan proses pembelajaran IPS. Adapun masalah yang dikaji adalah penggunaan LKS untuk meningkatkan aktifitas belajar IPS . Tindakan yang diberikan adalah siswa mengerjakan kegiatan / kerja pada lembar LKS (Lembar Kerja Siswa) yang diberikan setelah penyampaian materi pelajaran secara singkat. Metode penelitian ini menggunakan metode kaji tindak, yang dilaksanakan selama tiga siklus. Data yang diambil berupa data aktifitas belajar siswa, yang diperoleh melalui alat pengumpul data yaitu lembar observasi dengan cara pengamatan aktifitas belajar siswa. Selanjutnya diadakan refleksi untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam proses belajar mengajar. Penelitian dilaksanakan di SMP TRIMULYA Tanjung Bintang Kabupaten Lampung selatan. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dan peneliti menggunakan tiga siklus pembanding diantaranya Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi dan Refleksi dalam setiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam proses pembelajaran IPS kelas VIII A semester Genap di SMP Trimulya tahun pelajaran 2013-2014 dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa, yaitu jumlah siswa yang aktif sebesar 31,1 % atau 14 siswa pada siklus I menjadi 66,7 % atau 30 siswa pada siklus II dan menjadi 88,9 % atau 40 siswa pada siklus III. Dari tiga cara yang diberikan pada siklus ini, penggunaan LKS yang paling ideal untuk meningkatkan aktifitas belajar pada siswa adalah penggunaan LKS yang dilaksanakan secara kelompok dengan model LKS yang memberikan jenis kegiatan pada siswa berupa identifikasi gambar atau foto dan pemecahan masalah seperti dilaksanakan pada siklus III.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 17 Oct 2014 02:34 |
Terakhir diubah: | 17 Oct 2014 02:34 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4187 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |